Tuesday, March 6, 2018

Si Unik dengan Ochophobia, tetapi mengkhawatirkan juga ( part 2 )

part 2 - ( Cara menyembuhkan penderita ochophobia )
           Sebuah teknik psikologi sangat menolong dalam merehabilitasi penderita ochophobia. Dalam penanganan CBT (Cognitive Behavioral Therapy), seseorang belajar untuk mengubah persepsinya agar ada hasil perubahan pada perasaannya. Orang tersebut belajar untuk tidak mempunyai perasaan khawatir berlebihan yang dapat
membuatnya terluka karena berada di keramaian, mereka dibuat mengerti bahwa tidak semua situasi yang ramai bisa melukai atau memberikan efek negatif bagi dirinya. Dengan cara demikian, persepsi orang tersebut menjadi lebih tenang (tidak merasa terganggu) dan rasa khawatir berlebihan yang berkurang. CBT merupakan bentuk pengobatan yang banyak digunakan bagi ochophobia. 
Teknik lainnya yaitu desensilisasi yang merupakan belajar mencoba untuk rileks ketika dihadapkan pada beberapa bentuk stimulasi yang dapat membuatnya takut ( misalnya dihadapkan (kerumunan) dengan 5 orang, 10 orang, atau 15 orang, dst ). Orang tersebut dihadapkan pada bentuk-bentuk stimulus sampai dia merasa menguasai ketakutannya sampai pada level tertentu.
Terkadang, bentuk latihan stimulus yang keras berdasarkan pada tingkat stimulus, dalam kasus lain bisa dilakukan berdasarkan jumlah durasinya (satu menit, dua menit, tiga menit, dst. Yaitu, lamanya waktu bertahan di tengah kerumuman).
CBT biasanya dikombinasi dengan desensitilasi dan umumnya cara terapi tersebut berhasil dalam beberapa bulan.    
Teknik lainnya yaitu dengan metode yang dikenal flooding. Metode itu menggunakan cara cukup ekstrem, yaitu seseorang dengan ochophobia langsung diharapkan pada ketakutannya. Pasien langsung ditempatkan di kerumuman dengan jumlah orang yang banyak. Hal tersebut dilakukan untuk membuktikan bahwa ketakutannya tidak rasional. Ketakutannya digantikan oleh pemahaman yang dapat mengubah perasaannya. Sesudahnya, dilakukan teknik relaksasi.
Teknik terapi yang mendalam yaitu mencari dan menemukan phobia seseorang sebenarnya disebabkan oleh hal apa (misalnya pengalaman traumatik pada masa kanak-kanak, atau yang lainnya). Selanjutnya akan dicoba untuk dicarikan penyelesainnya. Setelahnya, biasanya akan digunakan teknik CBT atau metode konseling lainnya. Ochophobia bisa diatasi dengan obat-obatan anti depresi untuk menekan rasa khawatir pada penderitanya.
                                                                     by : R.Supriadi-edt

No comments:

Post a Comment