Thursday, February 22, 2018

Penilaian Harian - Bahasa Indonesia kelas 8 
3.1 mengidentifikasi unsur-unsur teks berita yang didengar dan dibaca

I.                   Identifikasi unsur-unsur berita
Jakarta - Pemerintah membuka impor garam dari Australia untuk mengatasi masalah kelangkaan. Totalnya, ada 75.000 ton garam dari Australia masuk ke Indonesia. 
Pemerintah menugasi BUMN produsen garam, PT Garam mengimpor dari Australia. Menurut Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, kalau jumlah garam yang diimpor kurang, maka akan dipasok lagi dari negara lain.
"Tergantung ketersediaan dari supplier-nya, PT Garam mengimpor sementara ini dari Australia. Kalau kurang nanti dari India," ujar Enggartiasto di Gedung Krida Bhakti, Sekretariat Negara, Selasa (1/8/2017).
Cuma, pria yang akrab disapa Enggar ini tidak dijelaskan berapa banyak garam yang akan dipasok dari India. Ia hanya mengatakan, 75.000 ton garam impor itu akan ditambah dengan pasokan garam lokal, sehingga bisa memenuhi kebutuhan.
Enggar menambahkan, selain impor, pemerintah juga sudah memasok garam dari NTT untuk mengatasi kelangkaan pasokan di wilayah Jawa Timur. Sebagai informasi, Sejak Jumat malam lalu (28/7/2017), KM Logistik Nusantara 1 telah bersandar di Tanjung Perak, Surabaya. Kapal ini, salah satunya mengangkut pasokan garam sebanyak 14 kontainer.
A.      Carilah dan tuliskan unsur 5W + 1H dari teks berita di atas!


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melakukan pertemuan dengan PSSI bersama beberapa perwakilan suporter di Indonesia di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/8/2017). Pertemuan tersebut membahas secara detail agar suporter di Indonesia bisa berdamai dan tidak ada lagi kerusuhan dalam sepak bola Tanah Air.
Pertemuan itu digelar sebagai bentuk solidaritas atas meninggalnya seorang bobotoh, Ricko Andrean, ketika Persib Bandung melawan Persija Jakarta, Sabtu (22/7/2017). Ricko meninggal pada Kamis (27/7/2017) setelah menjadi korban pengeroyokan dari sejumlah suporter Persib usai melindungi The Jakmania yang menyusup ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, mengatakan pihaknya menyambut baik pembahasan untuk menyatukan suporter di Indonesia. Menurut PSSI, suporter di Indonesia merupakan bagian penting dalam perkembangan industri sepak bola di Tanah Air.
Suporter itu harus dirangkul dan ini menjadi pusat perhatian PSSI. Kami melihat acara jumpa suporter yang berlangsung Kamis (3/8/2017) nanti sebagai langkah awal yang sangat baik untuk sepak bola Indonesia," kata Tisha di Kantor Kemenpora, Selasa (1/8/2017).
Beberapa suporter di Indonesia hadir dalam pertemuan tersebut, seperti suporter Persija Jakarta, PSS Sleman, Persis Solo, Arema FC, Sriwijaya FC, Persiku Kudus, Bali United, Borneo FC, dan Persib Bandung.
B.       Carilah dan tuliskan unsur 5W + 1H dari teks berita di atas!

II.  Pilihan Ganda
1. Fungsi fakta dalam berita . . .
A. untuk menguatkan kebenaran informasi dalam berita
B. untuk menunjukkan kinerja para wartawan pembuat berita
C. untuk memengaruhi pembaca agar percaya pada isi berita
D. untuk penguatkan dokumentasi yang termuat dalam berita




2. Berikut yang bukan termasuk ciri berita adalah . .
A. struktur bahasa tepat dan mudah di mengerti
B. diksi tepat dan tidak ambigu
C. menarik perhatian
D. terurai panjang dan tepat sasaran

Usaha manajemenSriwijaya FC (SFC) untuk mendapatkan striker Budi Sudarsono tinggal selangkah lagi. Kesepakatan harga sudah dicapai, tinggal menunggu tandatangan kontrak. Budi akan dikontrak selama setengah musim atau hingga putaran kedua Liga Super berakhir. Meskipun demikian, manajemen SFC tidak akan melakukan pencoretan pemain lama.
3. Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A. Manajemen SFC mendapatkan Budi Sudarsono.
B. Harga
kontrak tidak disepakati SFC dan Budi Sudarsono.
C. Budi Sudarsono
akan dikontrak SFC setengah musim.
D. Budi Sudarsono
telah menandatangani kontrak dengan SFC.

Indonesia berada dalam status darurat narkoba. Menurut data yang dirilis Badan Narkotika Nasional (BNN) ada lebih dari lima juta pencandu narkoba di negeri ini. Angka yang memprihatinkan. Terlebih mayoritas pengguna narkoba di Indonesia adalah remaja.
4. Pokok-pokok berita yang terkandung dari berita di atas adalah…..
A. Siapa, apa, bagaimana
B. Siapa, di mana, apa
C. Siapa, kapan, mengapa
D. Siapa, mengapa, bagaimana

5. Berita memiliki ciri-ciri, yaitu ....
A.  Berisi informasi subjektif
B.  Menggunakan bahasa istilah
C.   Mengandung argumen yang sesuai kebenaran
D.  Ada kenyataan dan tersurat

III.             Uraian
1.    Sebutkan dan jelaskan 5 nilai berita dan berikan contoh konkretnya!






No comments:

Post a Comment